RSS

Hasil Dyno Pulsar 200, Pulsar 220, dan Scorpio G

23 Mar

Pindah ke rumah baru di pionize.com

 

Baru saja pulang dari dyno di Mototech Yogyakarta bareng sama teman-teman Prides Chapter Yogyakarta. Yang ikut kali ini ada mas saya sendiri – Scorpio G 225, Ferry – pulsar 220, Acid Pulsar 220, Aji – pulsar 200, dan satu orang lagi pakai CB150R (ga tau namanya :mrgreen:)

Baru pertama kali dyno nih, jadi tadi sempat bingung. Ternyata caranya simpel banget, cukup naikin gear sampe gear 3 perlahan-lahan, kemudian kalau sudah masuk gear 4 di RPM 4000, langsung tarik gas sampai limiter bekerja.😀

Dyno pertama dilakukan oleh CB150R, tapi saya tidak dapat gambar hasilnya, cuma liat saja sih. Kalau tidak salah sekitar 16HP @ 11000-12000. Torsinya lupa tapi peak nya di RPM 8000-9000. Grafiknya bagus cenderung menanjak berbanding lurus dengan putaran mesin.

Dyno kedua dilakukan oleh mas Ferry dengan pulsar 220 tahun 2011. Monggo dilihat grafiknya

pulsar 220 - Ferry

pulsar 220 – Ferry

Agak kaget awalnya melihat grafik nya, masa iya pulsar 220 cuma dapet 15,6HP @ 9233 dan torsi 12,88 Nm @ 8364? ternyata kemungkinan akibat porting polishing yang gagal, mas Ferry juga belinya second jadi kurang tahu sejarah motornya dulu..😐

Dyno ketiga, motor saya sendiri, scorpio G 225 standar yang sudah berumur 9 tahun

scorpio 225 - Andrew

Wih ruang dyno penuh dengan asap dari scorpio, polusinya bukan main..Serasa di belakang angkot, sesak napas dah. Hasilnya luar biasa, meski sudah 9 tahun, meski tahun 2011 ganti piston akibar bocor, ternyata masih tembus 21,24 HP @ 8187 dan torsi 20,29Nm @ 6759. Torsi dan tenaga di putaran bawah luar biasa menurut saya, tapi dari grafik bisa dilihat setelah putaran atas terjadi penurunan drastis.😀

Dyno keempat, pulsar 200 milik Aji masih standar juga (kalau ga salah)😀

pulsar 200 - Aji

Ga bisa banyak komentar, kurang ngerti seperti apa standar pulsar 200:mrgreen:

Tapi cukup shock juga karena bisa menyaingi pulsar 220 mas Ferry dengan 15,5HP @ 8266 dan torsi 15,07Nm @ 6165. Beda tipis…😀

Dan pas sebelum pulang datang juga Acid dengan pulsar 220 standar plus koil 5BP scorpio😀, jadi tahu deh ancer-ancer tenaganya buat perbandingan pulsar 220 saya sendiri (sama-sama standar cuma pasang koil pio 5BP😆 )

pulsar 220 - Acid

Nah ini mantep nih, pulsar 220 + koil 5BP.. dapet 20,7HP @ 9226 dan torsi 17,63Nm @ 7606. Grafiknya pun cukup bagus, sesuai dengan yang saya rasakan di pulsar saya sendiri, tarikan bawah memang agak kurang, tapi begitu masuk putaran tengah ke atas langsung ngacir dan tenaga masih ngisi

Akhirnya pulang dan minum es kelapa dulu😀

*ga nyambung..bennn…

😆

Silahkan di share pendapat teman-teman semua😀

 
17 Comments

Posted by on 23 March 2013 in Otomotif

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,

17 responses to “Hasil Dyno Pulsar 200, Pulsar 220, dan Scorpio G

  1. Diposedicigp8

    23 March 2013 at 13:55

    waw kk waw:mrgreen:

     
    • pionize

      23 March 2013 at 13:59

      lagi seneng karo hasil dyno pio ne meski jadi mesin diesel:mrgreen:

       
  2. ACID

    23 March 2013 at 14:01

    bawah saya mungkin tahu gan😛

     
    • pionize

      23 March 2013 at 14:02

      sombonggg…p220 paling kencang:mrgreen:

       
  3. Fitready

    23 March 2013 at 15:03

    waw,, bener tuh mas scorpio dpt segitu, CBR 150 lewatt donk sama scorpio,,??

     
    • pionize

      23 March 2013 at 16:53

      scorpio saya standar abis, mungkin karena dia scorpio jadul, scorpio G jadul yang aslinya masih pakai tangki dan lampu kotak, yang konon katanya masih asli Jepang😀
      kalau lawan CBR150 di track pendek mungkin menang scorpio, tapi kalau track panjang kayaknya bakal kalah deh..
      dari grafik aja kliatan banget kalau scorpionya drop di putaran atas😀

       
      • Fitready

        23 March 2013 at 18:44

        oohh..🙂
        (manggut-manggut)

         
      • pionize

        23 March 2013 at 21:24

        wkwkwk…
        yg penting asekkk😀

         
  4. grayfox

    23 March 2013 at 15:45

    cuma ganti koil ya mas bro, 2 – 2nya? ganti busi juga kah? Premium or Pertamax
    tlg d share racunnya😀

     
    • pionize

      23 March 2013 at 16:55

      yang p220 si mesin standar cuma ganti koil 5BP + groundstrap buat busi kanan, yang kiri masih standar.,
      Kalau ga salah si cuma pakai premium..coba tanya sama komentator ACID di atas aka acid motoshop di facebook😀

       
  5. andre455

    24 March 2013 at 21:44

    mantab testnya masbro…like this yooo

    #sesamapemakai #scorpioG

     
    • pionize

      24 March 2013 at 21:50

      mantap mas bro…josss banget pokoke..😀

       
    • pionize

      24 March 2013 at 22:20

      scorpio tahun brapa bro?😀
      pasti sudah modif super kentjang nih..hehehe
      btw, salam kenal

       
  6. smartf41z

    25 March 2013 at 07:30

    Manteb… tua-tua keladi🙂

     
    • pionize

      25 March 2013 at 09:24

      tua-tua keladi, tenaga masih nyuss tapi polusi nya juga josss…😦

       
  7. gElo

    30 November 2013 at 17:50

    Bener kata oom pionize. Kalo cbr150 lawan pio, tarikan awal masih bisa menang pio kalo gak imbang. Tp kalo udah di atas 100 meter bye2 scorpio. Motor saya Scorpio Z tahun 2005.

     

Monggo share dimari :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: